Dominasi Otak Manusia

Written By akademi la masia on Selasa, 28 Februari 2012 | 05.33

otakManusia mempunyi otak yang terdiri dari 2 bagian yaitu belahan kiri dan kanan yang lebih dikenal dengan sebutan otak kiri atau otak kanan.  Dominasi otak  manusia kenyataanya ada yang cenderung lebih dominan otak kiri dan sebaliknya ada juga yang lebih dominan otak kanan.
Otak kiri tergolong short term memory (memori jangka pendek) bertanggung jawab terhadap kemampuan matematis dan verbal, misalnya berbicara, menulis, membaca dan berhitung. Otak kiri bersifat logis, sistematis dan analitis dalam proses berpikir.
Otak kanan tergolong long term memory (memori jangka panjang). Cara berpikir otak kanan cenderung bersifat kreatif, tak beraturan dan menyeluruh. Otak kanan berurusan dengan emosi, gambar, suara, imajinasi.
Sebagai contoh otak kanan lebih lama menyimpan memori , ketika kita bertemu dengan teman lama, sering kita lupa namanya walaupun wajahnya masih kita ingat. Mengapa? Sebab wajah (gambar) diproses oleh otak kanan yang memorinya jangka panjang sedangkan nama (kata) diproses oleh otak kiri yang memorinya jangka pendek.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik