Piala Afrika: Gol Tunggal Emmanuel Mayuka Pastikan Langkah Zambia Ke Final

Written By akademi la masia on Kamis, 09 Februari 2012 | 05.54

Zambia x Ghana : Celebrating (CAN 2012)
Zambia x Ghana : Celebrating (CAN 2012)
Salah satu unggulan utama Piala Afrika, Ghana, harus mengubur impian menjadi yang terbaik di Benua Hitam tahun ini.

Menghadapi Zambia pada semi-final di Estadio de Bata, Rabu (8/2) malam, The Black Stars harus bertekuk lutut dengan skor tipis 1-0.

Gol pemasti langkah Zambia ke partai puncak dicetak striker Emmanuel Mayuka 12 menit jelang waktu normal habis.

Ghana sendiri pada laga ini sebenarnya punya kans emas memimpin dini lewat titik putih, namun Asamoah Gyan sebagai eksekutor gagal menunaikan tugasnya.

Tim asuhan Goran Stevanovic juga harus menyudahi pertandingan dengan sepuluh pemain menyusul diberikannya kartu kuning kedua buat Derek Boateng (83').

Bagi Zambia, keberhasilan mencapai final Piala Afrika ini adalah yang ketiga sepanjang sejarah turnamen. Di dua kesempatan sebelumnya (1974 dan 1994), mereka harus mengakui keunggulan Zaire dan Nigeria.

Kali ini Chipolopolo (Peluru Tembaga, julukan Zambia) akan melawan pemenang semi-final lain antara Mali dan Pantai Gading yang melakukan kick-off pada pukul 02.00 WIB.

Sempat langsung ditekan begitu kick-off digelar, Ghana ganti menyerbu pertahanan Zambia hingga akhirnya mendapatkan penalti ketika Kwadwo Asamoah dijatuhkan Davies Nkausu di wilayah terlarang pada menit ketujuh.

Sayang, eksekusi Asamoah Gyan yang kurang meyakinkan dari titik putih dapat dimentahkan penyelamatan kiper Kennedy Mweene di bawah mistar Zambia.

Gagal memaksimalkan kesempatan emas tersebut, Ghana semakin gencar menyerang. Namun Zambia pun kerap merepotkan lewat taktik serangan balik cepatnya.

Kendati begitu, tak satu pun peluang-peluang bersih dari Asamoah di kubu Ghana serta Christopher Katongo di pihak Zambia yang membuahkan gol sampai babak I rampung.

Di awal paruh kedua, The Black Stars mengkreasikan sekurangnya tiga kesempatan, tapi upaya Jordan Ayew dan Gyan kandas di hadapan Mweene, sementara percobaan John Boye meleset dari sasaran meski berada dalam posisi bagus.

Kegagalan memanfaatkan kans harus dibayar mahal Ghana. Pada menit ke-78, gawang mereka dibobol Emmanuel Mayuka lewat sepakan melengkung sembari membalikkan badan.

Gol ini tak mampu dibalas Ghana, yang harus kehilangan Derek Boateng karena mendapat kartu merah di menit ke-83, sampai peluit panjang berbunyi kendati sudah berusaha meningkatkan intensitas serangan

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik